conti Ordinary Girl: Kebahagian Sejati Bisa Diperoleh dari IQ, EQ dan SQ yang Seimbang

Rabu, 25 Desember 2013

Kebahagian Sejati Bisa Diperoleh dari IQ, EQ dan SQ yang Seimbang

Jika and sudah pernah membaca bukunya Daniel Goleman yang berjudul Emotional INtelligence, di buku itu dijelaskan bahwa kunci sukses seseorang ternyata tidak hanya disebabkan tingginya IQ ( Intelligence Quotion ) saja, ada faktor lain yang dapatmembawa seseorang menuju jalan kesuksesan, yaitu EQ ( Emotional Quotion ) atau kecerdasanemosional.

Di dalam buku itu diceritakan yang pada intinya bahwa ada  percobaan yang dilakukan terhadap anak kecil, dimana untuk mendapatkan sebuah kue yang enak, seorang anak harus berusaha dan menunggu terlebih dahulu. Dari sekian banyak anak, terdapat sedikit sekali anak yang akhirnya mendapat kue itu setelah berusaha dan menunggu.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyataanak-anak yang sabar ini meraih kesuksesan lebih dibanding teman-temannya yang lain. Setelah beberapa pengkajian dan penelitian lebih dalam, para penelitipun berkesimpulan bahwa kecerdasan emosional yang dimiliki oleh seseorang menjadi faktor kunci dalam keberhasilan seseorang.

Dewasa ini, ada perkembangan terbaru dalam menentukan faktor kunci keberhasilan seseorang,yaitu Spiritual Quotion ( SQ ). Teori ini berkembang setelah didapati banyak orang-orang yang sukses ternyata mempunyai ruhani yang kering.

Mereka kehausan spiritual, setelah mendapatkan apa yang mereka impikan bahkan apa yang semua orang di dunia ini impikan, yaitu kekayaan berlimpah, ketenaran, kekuasaan, kedudukan yang tinggi.

Mobil mobil lux mereka berjejer rapidi dalam rumah bak istana yang megah dan luas. Tetapi justru disitulah mereka menemukan neraka di dalamnya, suami dan istri yang bertikai sepanjang hari, anak-anak yang terbius oleh dunia kelamnya.

Tidak ada kedamaian di sana, yang ada hanyalah detik-detik penantian menuju kehancuran penghuninya. Oleh karena itu selain IQ dan EQ yang tinggi, dibutuhkan lah apa yang dinamakan kecerdasan spiritual ( SQ ). Kuncinya dari semua itu sebenarnya adalah keseimbangan.  Sistem akan rusak jika sub sistem -sub sistem di dalamnya berjalan tidak seimbang.

SUMBER : http://rahasiaotakjenius.blogspot.com/2013/05/kebahagian-sejati-bisa-diperoleh-dari.html#.UrpGC_uX-_M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar