conti Ordinary Girl: Test Tahap Pertama di STTD

Rabu, 26 Juni 2013

Test Tahap Pertama di STTD

Assalamualaikum. Hello, guuuys! tersenyum lebar Bagaimana kabar mu hari ini? Sehat, kan? Semoga selalu diberi kesehatan, Aamiin. Sudah hampir seminggu ini aku flu dan sedikit batuk lho :s

Ohiya, tanggal 25 Juni kemarin aku mengikuti test menjadi Taruni STTD. Kemarin baru test TBS (Tes Bakat Skolastik) dan TPA (Test Prestasi Akademik). Ada 4 tahap untuk bisa menjadi Taruna/i STTD. Yang pertama, Tes Bakat Skolastik dan Test Prestasi Akademik. Yang kedua, Test Kesehatan. Yang ketiga, Test Kesamaptaan atau bisa dibilang Test Fisik dan yang terakhir Test Wawancara. Aku dengar-dengar di Test Wawancara kita ditanyakan tentang pelajaran bukan tentang diri sendiri. Astaghfirullah, Test Wawancara pun masih ditanyain tentang pelajaran -_____- Ohiya, TPA di STTD tidak sama seperti TPA di SBMPTN. Itu  benar-benar berbedaaaa! TPA di STTD itu singkatan dari Test Prestasi Akademik, sedangkan di SBMPTN Test Potensi Akademik. Test Prestasi Akademik ini mencakup soal Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.

Waktu test di mulai jam 8 AM, but sebelum jam 7 AM pun para calon Taruna dan Taruni sudah berada di ruang test, mereka datang jauh sebelum jam test di mulai hehe itu lah para calon anak negeri yang sukses keren hehe, Aamiin.

Waktu test pun di mulai, TBS ada 100 soal. Bagiku, ini masih gampang karena masih permulaan. Alhamdulillah, TBS keisi semua tetapi itu pun belum tentu benar semua cemas. Waktu untuk mengisi soal Test Skolastik selama 120 menit. Sesudah selesai mengerjakan soal Test Skolastik, kita ( para calon Taruna dan Taruni STTD ) dikasih waktu 15 menit untuk istirahat. Setelah jam istirahat, kita menghadapi test yang kedua, yaitu TPA. Naaaah, yang aku duga-duga menjadi kenyataan. Test Prestasi Akademik ini pun 100 soal waduh!  Astaghfirullah, 100 soal hanya mencakup soal Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Masih agak mending kalau Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia 100 soal, lah ini ada Matematika dan Fisika pusing. Matematika memang penting, test dimana pun pasti ada Matematika. Agak ragu memang untuk bisa menjawab semua soal Matematika dan Fisika. Nilai pelajaran yang paling rendah di UN adalah Fisika. Makanya aku agak ragu untuk bisa menjawab soal Fisika mata berputar tetapi Alhamdulillah, setidaknya ada yang bisa aku jawab bangga diri. Jangan anggap remeh test ini, guys. Ini test yang paling lama loh yang pernah aku lakukan, yaitu sekitar 4 jam. Sesi pertama 1,5 jam, sesi kedua 2,5 jam dan ada istirahat 15 menit. Disinilah tantangannya, duduk lama dengan banyak soal yang bikin pusing, perut keroncongan dan dituntut berkonsentrasi penuh. Diakhir tes pun kepala dan bokong akan terasa sangat panas, LOL 
 wajah tanpa emosi. Kelulusan test ini diumumkan pada tanggal 4 Juli, dan itu bertepatan pada Ulang Tahun My Buddy, yaitu Ali! tersenyum lebar

Guys, doakan aku senang Semoga aku lolos sampai tahap akhir dan bisa menjadi Taruni di STTD, Aamiin berdoa

25 komentar:

  1. maaf mau nanya : tes TBS itu isinya apa aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya baru dibalas. Aku baru buka blog. TBS di STTD sama seperti dengan TPA di SBMPTN. TBS termasuk tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.
      Salah satu contohnya :
      SAYA : ANDA : KITA : ....
      A. Anda : Dia : Mereka
      B. Kami : Dia : Mereka
      C. Dia : Dia : Kami
      D. Sirup : minuman
      E. Jeruk : Air manis

      Hapus
  2. bisa mnta no tlpon nya ? atau almat jejaring yg lain? mau tanya seputar tes STTD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, saya tidak bisa memberikan nomor handphone ke sembarang orang :)
      Kamu bisa kontak ke Line atau Email.
      Id Line : chacachns
      Email : chacapidut@gmail.com

      Hapus
  3. mau nanya dong, tes TBS itu isinya soal kaya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya baru dibalas. Aku baru buka blog. Actually, TBS di STTD sama seperti dengan TPA di SBMPTN. TBS termasuk tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.
      Salah satu contohnya :
      SAYA : ANDA : KITA : ....
      A. Anda : Dia : Mereka
      B. Kami : Dia : Mereka
      C. Dia : Dia : Kami
      D. Sirup : minuman
      E. Jeruk : Air manis

      Hapus
  4. Apa materi tes TPA sama kaya SBMPTN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak terlalu sama, tetapi ya serupa. TPA di SBMPTN menurutku lebih mudah dibanding di STTD. Di STTD lebih memainkan logika (:

      Hapus
    2. Tes TPA nya itu ngerjainnya satu waktu?
      Boleh minta nomernya enggak kak? Aku besok tes di sttd soalnya

      Hapus
    3. Iya, satu waktu. Di tahun kemarin kami (SIPENCATAR 2013) membawa papan jalan, pegalnya terasa karena sedikit membungkuk di saat membulatkan jawaban.
      Maaf sebelumnya, aku tidak bisa memberikan nomor handphone ke sembarang orang. Btw kamu bisa kok kontak aku di Line :) Id Line ku : chacachns

      Hapus
  5. kakak lolos? fisikanya tentang apa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak lolos. Sekarang aku mahasiswi di Universitas Gunadarma, Fakultas Psikologi.
      Aku lupa, Ewin @_@

      Hapus
  6. Kak, surat rekomendasi dari sekolah itu maksudnya apa ya?

    BalasHapus
  7. kak ada sistem minus ga klu salah

    BalasHapus
  8. kalau kita pernah patah tulang langsung gugur yaa

    BalasHapus
  9. Maaf saya mau nanyaa, tes TPA di jadwal ko lama banget dari tanggal 14 sampai 18..

    BalasHapus
  10. lihat di kartu tes aja bro disitu ada

    BalasHapus
  11. lihat di kartu tes aja bro disitu ada

    BalasHapus
  12. Tpa nya mtk,fis sama ing jadinya buat tes sipencatar 2016 nya?

    BalasHapus
  13. Tpa nya mtk,fis sama ing jadinya buat tes sipencatar 2016 nya?

    BalasHapus
  14. kak, mau nanya2 nih , btw alhamdullilah saya lagi ikut tes sttd pola pembibitan, tes selanjut nya tes TPA, ada saran atau tips biar gampang ngerjain nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka ronal belajarnya pake referensi buku ??

      Hapus
  15. Min, kalo boleh tau kira2 soalnya yg di TBS itu sma gak seperti test TBA di kedinasan biasanya.. Seperti ada soal2 umum seperti analogi, mtk, b.inggris. b.indo. Tapi kalo fisikanya blum pernah dpat soalnya, kira2 fisikanya yg gmna ya min?"

    BalasHapus