conti Ordinary Girl: Apa Kata Bule Tentang Wanita Indonesia?

Senin, 22 April 2013

Apa Kata Bule Tentang Wanita Indonesia?



Ada seorang bule Amerika yang membuat khusus sebuah blog tentang kecintaannya pada kecantikan wanita Indonesia. Duh, sebegitu powerfullkah kecantikan wanita Indonesia?

Begitulah menurut dunia.

Dan nyatanya bukan hanya si bule Amerika yang tergila-gila dengan kecantikan wanita Indonesia, namun bule-bule di seluruh jagad raya!

Sounds too exaggerating? Tentu tidak.

Kecantikan wanita Indonesia memang sudah terkenal di manca negara. Kemanapun wanita Indonesia melangkahkan kaki di negeri bule, mereka akan dilirik dan dipuji. Sayangnya justru dinegeri sendiri kecantikan ini tak nampak di mata kita.

Lho kok bisa?

Entahlah. Negeri dongeng yang sarat dengan kisah kasih di sekolah ini memang sangat unik. Ketika kecantikan alami wanita Indonesia dipuji di manca negara, justru di negeri sendiri para wanita ingin merubah diri menjadi kebule-bulean.

Menjadi parah ketika iklan media kecantikan menjejali kita tentang figur bagaimana menjadi seorang sosok wanita cantik nan sempurna. Lihatlah bagaimana wanita banyak mengasupi diri dari atas kepala sampai kaki dengan produk kecantikan; bahkan ada beberapa kasus para wanita yang mengambil ‘jalan pintas’ demi mempercantik diri!

Diri yang tidak bisa lagi menerima hidung pesek segera melakukan surgery untuk di pancung. Kulit sawo matang yang sedikit item menjadi pemandangan tak sedap buat kita, salonpun menjadi tempat untuk transisi. Rambut hitam dirubah menjadi warna pelangi. Bibir yang sudah baik-baik di pertebal bagaikan orang habis tersengat tawon, dan sebagainya, dan sebagainya…

Tetapi tahukah kita dari semua diatas yang kita tak suka nyatanya adalah sesuatu hal yang sangat berharga bagi orang lain, bahkan mereka memimpikan ingin terlahir seperti kita?

Tentu saja kita tidak tahu. Kalaupun tahu mengapa banyak wanita yang repot-repot bikin jadwal di agenda untuk pergi ke salon kecantikan setiap minggu? Yang padahal orang di belahan dunia lain berkata tentang kita: “You are so perfect”.

Apa saja yang membuat bule berpikir bahwa kita So Perfect?


Cute Innocent Face

Dari Sabang sampai Merauke bule berpikir bahwa wanita Indonesia memiliki wajah cute innocent face. Dari bentuk wajah, bentuk hidung (pesek ataupun mancung), warna mata yang cokelat kehitam-hitaman, gigi yang tersusun rapi alami bak mutiara khatulistiwa. Semua ini nampak sempurna di mata mereka.
1326410971842368330
Wanita Jawa tahun 40an - Cantik alami.
1326411066510332208
Mbak Anggun yang masih exist dengan wajah dan kulit Indonesianya.

Aku yang tadinya selalu jealous dengan wanita yang memiliki hidung mancung, akhirnya harus bersyukur karena justru hidungku yang bak bakso bulet ini nyatanya dipuja-puji laksana artis kesasar. Gigiku yang besar bak gigi unta nyatanya membuat iri para wanita bule disini. Warna mataku yang cokelat membuat bule-bule sering menyanyikan lagu “You are my brown eyed girl” … tepatnya wanita Indonesia bak selibriti bagi para bule.

Jika ada pembaca kompasianers saat ini memuja wajah blasteran dan ingin memiliki wajah seperti itu - maka percayalah bahwa wajah melayu anda sungguh sangat cantik.

Senyuman Ala Monalisa

Negara Asia Tenggara terkenal sekali dengan orang-orangnya yang ramah karena mereka suka tersenyum. Bahkan negara Thailand di juluki secara international sebagai The Land Of A Thousand Smiles, yang artinya negara seribu senyum.

Jika sebuah senyum saja dapat membuah sebuah negara begitu terkenalnya maka tidak heran jika philosophy bahwa senyum memiliki kekuatan dahsyat adalah benar adanya.

Kurasakan betapa cantiknya senyum kita dimata mereka ketika aku keluar dari sebuah National Gallery di Italy bersama suamiku yang sedang asyik bercengkrema laksana sepasang burung dan tiba-tiba seorang saptam yang sedang berjaga di pintu gallery menyapaku: “where do you come from?”. “Indonesia, why?” Jawabku. Sang saptam yang baik dan sopan membalas “You have a very nice smile”.

Sejelek apapun gigi anda, tersenyumlah :D

Kulit sawo matang nan sehat

Hampir semua wanita di Indonesia tidak menyukai kulit hitam atau sawo matang. Entah kenapa, kulit ini sangat tidak disukai. Begitupun dengan diriku, yang selalu berusaha memolesi kulit sawo matangku dengan scrub pemutih.

Tidak disangka kalau ternyata kulit sawo matang inilah yang sangat di cintai oleh para bule di seluruh dunia. Bagi mereka kulit sawo matang adalah  kulit yang sehat karena sering terkena sinar matahari. Maka janganlah heran kalau pembaca melihat bule rela berjemur di bawah terik matahari, semua itu mereka lakukan hanya karena ingin memiliki kulit seperti kita!

Mengapa demikian?

Karena umumnya negara bule sulit mendapatkan matahari, dan matahari adalah sesuatu yang sangat berharga bagi mereka. Tidak heran, banyak dari mereka, terutama wanita, rela mengocek uang jutaan untuk membuat kulit mereka sawo matang!

Heh? Kenapa kebalikannya di Indonesia ya, para wanita ramai-ramai ingin memutihkan kulit (?)


Tubuh Pendek bak Munchkin

Minder dengan ukuran tubuh? Pengen tinggi kayak bule-bule itu? Maka dengarlah pendapat bule tentang ukuran tubuh kita.

Rata-rata  orang asia memiliki tubuh jauh lebih pendek dari bule. Namun justru tubuh kecil pendek ini yang nampak cantik dimata mereka. Lihat saja di shopping centre, hampir semua fashion mall hanya beberapa yang memiliki ukuran petite - karena ukuran petite alias kecil jarang sekali yang punya dan hanya dimiliki oleh orang-orang cute seperti wanita Indonesia!

Dan tentunya masih banyak kecantikan-kecantikan lainnya dari wanita Indonesia yang didambakan oleh bule.

Berbicara tentang kecantikan, seorang teman priaku di Indonesia pernah berkomentar bahwa “cantik itu netral dan jelek itu absolute”. Menurutku sendiri, dan mungkin wanita lain serta pria di jaga raya ini akan berpendapat sama, bahwa kecantikan wanita tidak harus terpatri pada wajah ataupun fisik. Ada yang lebih penting daripada itu semua, yaitu inner beauty.

Sayangnya, inner beauty yang bisa didapat gratis ini sedikit demi sedikit dikikis oleh kemajuan produk kecantikan. Maka tidaklah heran jika kecantikan alami wanita Indonesia yang mendunia ini tidak di kenali di negeri sendiri, karena kita, wanita Indonesia asyik sibuk mengoreksi kekurangan fisik hingga lupa dengan ‘harta berharga’nya sendiri.

Sebagai penutup, diriku ingin berbagi sebuah komen di forum dari salah satu bule tentang pendapatnya pada wanita Indonesia:


” I have found Indonesian women to be the most kindest, warmest, loving, trusting, giving, most dedicated that a man can get, and everything I have to say about indo-women is GREAT….”



Sumber : http://sosbud.kompasiana.com/2012/01/13/apa-kata-bule-tentang-wanita-indonesia-426688.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar