conti Ordinary Girl: Keindahan yang Mengandung Nilai Ekstrinsik dan Instrinsik

Rabu, 30 Oktober 2013

Keindahan yang Mengandung Nilai Ekstrinsik dan Instrinsik


Nama : Chairunnisa
NPM : 11513863
Kelas : 1PA02

Keindahan yang Mengandung Nilai Ekstrinsik dan Instrinsik

Kata keindahan berasal dari suku kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, tanaman, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Apakah keindahan Itu ?
Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan berkomunikasi
Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
  1. Keindahan dalam arti luas
  2. Keindahan dalam arti estetis murni
  3. Keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diserapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

            Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
 Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :
• keindahan seni
• keindahan alam
• keindahan moral
• keindahan intelektual.

Sementara itu terdapat, Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.

Keindahan juga mengandung nilai Ekstrinsik dan Intrinsik. Sebelum kita membahas tentang nilai ekstrinsik dan intrinsik dalam keindahan ada baiknya kita mengetahui apa arti dari kata ekstrinsik dan intrinsik.
           
            Pengertian ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (instrumental Contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.
Contohnya : puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik.

Pengertian intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.
Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi tersebut disebut nilai intrinsik.

Selanjutnya adalah pengertian nilai ekstrinsik dan intrinsik dalam keindahan. Nilai intrinsik adalah nilai yang lebih kepada penilaian berdasarkan pada apa yang terlihat saja oleh mata dan imajinasi seseorang, tanpa mempertimbangkan aspek lain. Dengan kata lain nilai intrinsik adalah nilai-nilai yang berasal dari penilaian panca indera yang hanya berdasarkan pada logika. Nilai ekstrinsik adalah nilai-nilai yang tidak dapat dinilai oleh panca indera, berkenaan aspek kejiwaan, filsafat atau psikologi, serba noumena, transendental. Nilai ekstrinsik hanya bisa dirasai oleh jiwa, intuisi dan naluri dengan pendekatan ilmu, filsafat, kebudayaan dan sisi pribadi individu.

  

STUDI KASUS :


KERETA API BERMOTIF BATIK ITU DILUNCURKAN


Sebagai warga Negara yang baik tentunya kita patut bangga terhadap warisan leluhur kita, salah satunya batik. Batik yang kita kenal biasanya diimplementasikan dalam bentuk busana, baik itu baju ataupun celana bermotif batik. Tetapi PT Kereta API Indonesia menghadirkan suatu inovasi baru, yaitu meluncurkan Kereta Bermotif Batik. Ya kereta bermotif batik tersebut adalah Kereta API Argo Parahyangan relasi Bandung – Jakarta. Ini terbilang unik dan merupakan kereta api bermotif batik pertama di Dunia.

Batik yang digunakan dalam penghiasan kereta api tersebut adalah perpaduan dari batik Cirebon, pekalongan , dan pacitan. Di gerbong tersebut juga terdapat gambar salah satu tokoh wayang BIMA.

Direktur komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito saat Peluncuran Kereta Api ini di Stasiun Bandung, Dia berharap dengan diluncurkannya kereta Api ini masyarakat bisa merasa bangga atas warisan budaya yang telah di wariskan oleh leluhurnya. Dengan ini Dia juga berharap masyarakat yang tinggal di dekat rel kereta api bisa lebih menghargai kereta api yang melintas, karena selama ini jika kereta api melintas mereka sering melempari kereta api dengan batu.

Sumber :



PEMBAHASAN :
Manusia sangat memiliki keinginan akan hal yang indah. Keindahan dapat berupa suatu bentuk objek yang cantik, tampan, bersih, baru, dan lain lain. untuk memenuhi hal tersebut manusia akan mencarinya dengan naluri masing-masing apa yang mereka butuhkan dari keindahan tersebut. Inovasi dari PT KAI ini merupakan sesuatu yang sangat fresh dan tentu saja sangat kreatif. Dengan menggunakan batik sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat luas. PT KAI menyadari bahwa akhir – akhir ini batik sangat popular di masyarakat. Dengan kereta motif batik pertama di Dunia ini juga PT KAI berharap agar pesan yang akan mereka sampaikan yaitu pesan agar masyarakat Indonesia lebih cinta kepada batik, dan agar kereta api tidak di jadikan pelampiasan lagi karena selama ini saat kereta api melintas banyak warga yang melemparinya dengan batu. Saya rasa dengan Ide Kreatif dan inovatif ini pesan yang akan disampaikan oleh PT KAI akan di respon baik oleh masyarakat. Mungkin dengan adanya kereta terindah yang melintas warga akan lebih menghargai kereta tersebut, dan tidak akan berani untuk merusak sesuatu yang indah tersebut. Bagaimana mungkin kalian akan merusak sesuatu yang indah?  Well, kita tunggu saja bagaimana perkembangannya ketika kereta ini beroperasi nanti .



DAFTAR PUSTAKA :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar