conti Ordinary Girl: Layanan Aplikasi di Internet

Rabu, 08 Oktober 2014

Layanan Aplikasi di Internet


1.    World Wide Word (WWW)

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.


2.    E-mail

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik.
Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet.
 Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit). Dari pengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai dari ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis, seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama.


3.    Search Engine


Secara sederhana Search Engine adalah sebuah pemograman yang dibuat untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi. Jadi kebutuhan anda akan informasi yang tersedia di internet bisa lebih mudah di temukan dengan menggunaikan search engine.

Secara bahasa pengertian Search Engine adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. Anda dapat mencari apa saja , seperti informasi kerja , gosip,berita dan lain sebagainya.

Sistem kerja Search Engine adalah menyimpan database yang ada di internet untuk kemudian di tampilkan sesuai dengan kecocok'an kata kunci yang di ketikkan pada search engine dengan database yang ada. Tentunya akan banyak sekali data yang dimunculkan search engine, untuk urutan yang pertama ditampilkan adalah hasil yang paling akurat.

         Pengertian Search Engine tidak berhenti sampai situ saja, bukan hanya internet yang menggunakan search engine bahkan, komputer biasa yang digunakan secara offline pun sudah menggunakan internet.
Misal,jika sedang menggunakan Microsoft Word, dan ingin mencari sebuah kata, maka tinggal gunakan saja search engine yang disediaikannya kemudian ketikkan atau frasa yang ingin ditemukan.

         Ada banyak sekali nama Search Engine, misalnya   




Google.com



Bing.com

Altavisa
  
MSN
AskJeeves

Duck-Duck go
Baidu

Yahoo.com


Alltheweb 
AVG


Lycos

Looksmart


Blekko

AOL
  


Metacrawler


dan lain sebagainya. Namun ada yang paling terkenal dan sudah umum kita gunakan seperti : Facebook.com yang digunakan untuk mencari informasi sekaligus media sosial yang banyak digunakan orang , serta Yahoo.com untuk mengirim email dan melihat informasi lainnya serta google yang banyak digunakan orang untuk mencari semua informasi yang lenkap dan akurat dan lain sebagainya.



Search engine merupakan sebuah situs yang memiliki database besar yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet. Informasi yang dapat dibaca bisa berupa teks, gambar, suara, atau video. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler.

        Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur tertentu, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan alamat URL dan membaca semua isi atau content yang ada. Rangking sebuah web ditetapkan dengan metode tertentu sesuai dengan standar masing-masing search engine.

 

4.    Chatting

Suatu feature dalam Internet untuk berkomunikasi 
sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama
menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara
(voicechat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang
sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks
atau suara, demikian seterusnya…
Contohnya seperti Whatsapp, Line Messenger, Skype, Yahoo Messenger, BBM, dll.



5.    Netiquette
Netiquette merupakan etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Contoh kasus Netiquette
ada seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-email-electronic-mail.html

http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-email-e-mail-adalah.html
http://www.pitikkedu.net/2012/12/pengertian-search-engine.html 
http://elsadesiana28.blogspot.com/2013/08/pengertian-web-search-engine-dan.html
http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html 



NPM
Nama
Peran



10513776
Amar Ma’ruf H.M
Pengertian Email.



11513863
Chairunnisa
Pengertian WWW.



15513903
M.Fajar Gunawan
Pengertian dan contoh Chatting.



17513576
Rianggo Fakhruzzaman
Pengertian dan contoh Search Engine.



18513562
Siti Luthfiyatul Barry
Pengertian dan Contoh Netiquette.



19513334
Windy Grace P.W





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar