conti Ordinary Girl: Marhaban Yaa Ramadhan

Jumat, 27 Juni 2014

Marhaban Yaa Ramadhan


Marhaban Yaa Ramadhan..

Allahuakbar..
Allahuakbar..
Allahuakbar..



Tak terasa kita telah dipenghujung bulan Sya’ban, tak terasa waktu begitu cepat berlalu, tak terasa kita akan segera memasuki bulan Ramadhan. In syaa ALLAH untuk kesekian kalinya tamu agung tersebut akan berkunjung diantara rangkaian usia kita. Bulan suci yang Agung dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi Wa Sallam kabarkan kepada khalayak sebagai berita suka cita.
Ada yang menyambutnya dengan gembira karena merasa ini adalah momentum terbaik bagi gugurnya dosa, meningkatnya derajat pahala dan tersambungnya kembali jalinan silaturahim. Bulan penuh berkah, bulan penuh rahmat, bulan kembali kepada alquran dan ibadah. What a beautiful moment! :)

Di sisi lain, ada juga sebagian dari kita yang biasa-biasa saja menyambut Ramadhan, tidak ada perasaan sedikitpun yang istimewa dari bulan Ramadhan. Padahal Rasulullah SAW. mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berdoa, agar kita bisa dipertemukan dengan nikmatnya bulan Ramadhan.

“Ya ALLAH SWT berkatilah kami di bulan Rajab, berkatilah kami di bulan Sya'ban dan ijinkanlah kami untuk bertemu dengan bulan Ramadhan.”

Subhanallah, itulah keistimewaan Ramadhan sampai-sampai Rasulullah memohon kepada ALLAH seperti itu, karena kita tidak pernah tahu, apakah umur kita akan sampai ke bulan yang penuh berkah itu? Kami semua berdoa semoga ALLAH memberikan kita umur panjang hingga bisa menikmati Indahnya bulan Ramadhan, Aamiin.

Semua umat Islam berharap seandainya setiap bulan merupakan bulan Ramadhan, alangkah nikmatnya..

Maha besar Allah yang akan mempertemukan kita kembali pada bulan yang mulia.
Sebagai hamba-Nya, tak henti-hentinya aku bersyukur atas segala nikmat yang telah Ia berikan.
Alhamdulillah, aku dan keluarga diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan di tahun ini :) Kita harus bisa meluangkan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan kebaikan di bulan Ramadhan ini karena kita tidak tau apakah nanti di Ramadhan yang akan datang kita diberi masih kesempatan atau tidak. Bulan Ramadhan kali ini harus lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya, in syaa ALLAH.

By the way, ini beberapa persiapan untuk di bulan Ramadhan. 

- Mental / Fisik -
Mental harus siap karena kita berpuasa di setiap harinya selama 1 bulan penuh, lho!
Selama berpuasa, kita tidak hanya harus mampu untuk menahan lapar dan haus, tetapi juga harus mampu menahan nafsu. Nafsu marah, nafsu berbohong, nafsu ngomongin orang, nafsu mencuri, dan sebagainya.

Seorang muslim membutuhkan kondisi fisik yang prima. Apabila kondisi fisiknya lemah, seorang muslim tidak akan dapat menjalankan berbagai rutinitas ibadah yang penuh dengan kemuliaan -kemuliaan yang dilimpahkan ALLAH di bulan Ramadhan. That's why kita harus menjaga kesehatan tubuh.
Apakah kalian tahu? Pada bulan Rajab Nabi Muhammad SAW dan para sahabat membiasakan diri melatih fisik dan mental dengan melakukan puasa sunnah, memperbanyak membaca al-Qur'an, membiasakan bangun malam (qiyamul-lail) dan meningkatkan urusan dunia (mencari nafkah) untuk persiapan memperbanyak kegiatan sedekah pada bulan Ramadhan.

Ohya, usahakan sehabis adzan maghrib jangan langsung makan besar ya! Batalkan puasa dengan air mineral terlebih dahulu (sesuai selera sih sebenarnya, mau air mineral atau teh. Intinya, minum terlebih dahulu) Selanjutnya, makan kurma sedikitnya 3 buah. Nah, setelah it langsung shalat maghrib. Makan besarnya bisa setelah Shalat Maghrib atau Shalat Tarawih. Karena jika kamu makan besarnya sebelum Shalat Maghrib, takutnya nanti kamu nggak bisa Sujood karena kamu kekenyangan. Aku sarankan, makan besarnya setelah Shalat Tarawih, but yea itu tergantung dari diri kalian masing-masing, hehe.
Makan secukupnya, ya! Berhenti jika sudah kenyang. Di saat berbuka puasa memang keseringan lapar mata. Mau makan ini, mau makan itu, tetapi sebenarnya makan sedikit saja sudah kenyang lho.

- Alat Sholat -
Ini yang sangat diperlukan untuk umat Muslim!!
Namanya alat sholat, ya sudah pasti digunakan untuk sholat :D
Di bulan Ramadhan selalu diadakan Shalat Tarawih. Well, usahakan selalu mempersiapkan alat shalat sebelum pergi ke masjid / musholla agar tak ada yang tertinggal.

- Al-Qur’an -
 Perbanyaklah membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan :) Pelajari makna ayat yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Tahun lalu, aku hanya sempat 1 kali khatam Al-Qur’an. Semoga di tahun ini aku bisa 2 kali khatam atau mungkin saja bisa lebih, hehe aamiin, in syaa ALLAH.
Pahala di bulan Ramadhan ini berkali-lipat disbanding bulan-bulan yang lainnya. Usahakan selalu melakukan kebaikan. Melakukan kebaikan tak hanya di saat bulan Ramadhan saja ya! :)
 

- Persiapan fikiran dan Ilmu -
Agar ibadah di bulan Ramadhan dapat lebih optimal, sehingga butuh wawasan dan tashawur (persepsi) yang benar tentang Ramadhan. Caranya dengan membaca berbagai bahan rujukan dan menghadiri majelis ilmu tentang Ramadhan, sehingga ibadah Ramadhan kita dapat sempurna sesuai tuntunan Rasulullah. Menghafal ayat-ayat dan doa-doa yang berkait dengan ramadhan, memperdalam berbagai masalah dalam ilmu fiqih tentang puasa dan lain-lain juga penting dilakukan.

Sehingga, ketika Ramadhan tiba kita sudah menuju pada proses pendewasaan ruhani, dimana kebiasaan ibadah meningkat, semangat berdzikir bertambah, semakin cinta shalat berjamaah, melaksanakan aktivitas-aktivitas infak, shadaqah dengan lebih ikhlas, menahan lapar, haus, seksual, mulai fajar hingga terbenam matahari dengan mulus bisa dilalui. Hingga membaca Alquran sampai khatam (tamat) bisa dinikmati dengan semangat membara. Hal yang wajar jika amaliah di bulan suci Ramadhan begitu spektakuler dilaksanakan kaum muslimin. Karena inilah merupakan suatu proses tercapainya derajat taqwa yang akan membawa kepada kesuksesan dunia maupun akhirat.
 

- Vitamin -
Terkadang  puasa adalah “tantangan” bagi yang mempunyai penyakit sistem pencernaan. Terutama bagi penderita Maag, ya seperti aku ini. Must need more attention!!!
Makan tepat pada waktunya adalah hukum yang wajib bagi penderita maag :)) Seperti aturan tidak tertulis yang tidak boleh dilanggar -___-
Agak khawatir memang, jika penyakit Maag tiba-tiba kumat di saat puasa :s
Satu-satunya solusi adalah harus menyiapkan obat maag dan beberapa vitamin serta banyak minum air putih.
 

- Persiapan Harta -
Jangan salah pengertian tentang persiapan harta, maksud persiapan harta disini bukan untuk membeli keperluan makanan buka puasa atau bermacam kue-kue lebaran sebagaimana yang menjadi tradisi kita selama ini, namun semata-mata untuk persipan melipatgandakan kegiatan sedekah, karena pada bulan Ramadhan merupakan bulan terbaik untuk memperbanyak sedekah :) Pahala bersedekah pada bulan ini berlipat ganda dibanding bulan biasa. Mempersiapkan zakat ya!

- Alarm -
Ini hal yang sangat sepele, tetapi kalau nggak dipersiapkan yea bisa fatal  juga. Terutama alarm untuk bangun sahur, agar nggak telat bangunnya.
Kalau masih tinggal dengan orang tua, ya masih bisa lah ya dibangunin, tetapi kalau nge-kost hm nggak ada yang ngebangunin. Ada, ya ada yang ngebangunin kalau nge-kost berdua dengan teman atau bisa juga kalau kamu punya Ibu kost yang baik / Islami, xoxo.

- Heart -
Semua persiapan di atas memang penting, tetapi ini yang paling PENTING!!!
Mempersiapkan hati agar ikhlas dalam menjalankan ibadah bulan Ramadhan. Menjaga dan menjauhkan hati kita dari berbuat ujub, riya’, sombong, iri, dengki, hasut, nafsu untuk melakukan maksiat dll. serta yang diharamkan oleh ALLAH, dan juga mempersiapkan hati agar sewaktu menjalankan ibadah tak hanya  sebagai pemenuhan  kewajiban saja, tetapi sebagai penghubung atau istilahnya  “kontak batin” dengan ALLAH SWT :)

Itu beberapa hal yang harus kita siapkan..


             Bulan Ramadhan adalah bulan baik, bulan suci, bulan penuh ampunan dari ALLAH SWT. Aku selalu deg-deg an setiap kali bulan Ramadhan datang. Perasaan senang, terharu, dan bersyukur masih bisa dikasi kesempatan oleh ALLAH SWT untuk bisa mengumpulkan pahala di bulan yang baik ini.

Sudah banyak diketahui oleh kita bersama bahwa banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari ibadah yang satu ini (berpuasa). Salah satu diantaranya adalah dapat membuat kita menjadi seorang yang kuat menghadapi cobaan, tegar dalam mengarungi rintangan dan sabar dalam menerima tekanan. Tekanan dalam memperturutkan hawa nafsu kita yang selama hampir satu tahun penuh dibiarkan merajalela. In sya ALLAH  dengan adanya puasa ini, ALLAH dapat menjadikan kita termasuk ke dalam golongan ”orang-orang sabar”, orang yang sangat dicintai oleh Allah SWT, Aamiin.
Dengan besar hati, aku mengakui bahwa ibadahku memang belum sempurna dan masih banyak kekurangan dan dosa :’) Banyak hal yang aku senangi dalam bulan ini. Diantaranya:
  1. Di bulan Ramadhan, aku bisa dengerin orang-orang ngaji semalam suntuk di Masjid.
  2. Puasa tiap hari ada kemungkinan untuk nurunin berat badan dan ngecilin perut, xoxo  (meskipun kemudian menggembrot lagi waktu buka dan setelah lebaran, lol ._.).
  3. Lebih sering makan dengan keluarga. Di bulan Ramadhan, setiap anggota keluarga kami biasanya berusaha keras untuk bisa berbuka puasa bersama di rumah (kecuali kalo ada acara buka bersama di luar dengan teman-teman). Selain bulan Ramadhan, kami biasanya makan selalu sendiri-sendiri dan jarang bisa duduk kumpul dalam satu ruangan.
  4. Lebaran. Ajang kumpul dengan keluarga besar \:D/ Ngobrol, ketawa-ketawa, dan main dengan saudara-saudara yang hanya ketemu setahun sekali. Terkadang memang ada yang beberapa kali ketemu, tetapi sensasinya berbeda ketika ketemu di saat lebaran, hehe.

Aku memang selalu menyambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita (meskipun kadang-kadang agak was-was mikirin utang puasa tahun lalu, apakah sudah lunas atau belum. Aku tipe orang yang ‘agak’ pelupa. Di setiap bulan Ramadhan, aku selalu berharap agar bisa mengisi sepuluh malam terakhir dengan ibadah (saat Lailatul Qadr/Malam Seribu Bulan). Aku berharap, bulan Ramadhan ini aku bisa memperbaiki ibadahku dan yea at least, dosa-dosaku diampuni oleh ALLAH SWT, Aamiin.

Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, setiap muslim wajib membekali dirinya dengan persiapan maksimal yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, agar secara lahir dan batin kita lebih siap melaksanakan ibadah dalam bulan Ramadhan.

Saat akan datangnya bulan Ramadhan seorang muslim harus berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan keilmuan dan pemahamannya mengenai apa yang mesti diperbuat dan dihindari selama bulan Ramadhan. Agar pahala Puasanya tidak berkurang bahkan hilang :)

By the way, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa (bagi yang melaksanakannya).
Semoga Puasa dan Amal Ibadah di bulan yang penuh berkah dan kebaikan ini diterima oleh ALLAH SWT, Aamiin Yaa Rabb.

Sebagai makhluk ALLAH yang penuh khilaf dan dosa, aku hanya ingin menitipkan maaf kepada semua pembaca blog ini. Siapapun kalian, minal aidin walfaidzin,  mohon maaf lahir & bathin.


Mari kita berniat semoga Ramadhan tahun ini akan menjadikan kita lulus dalam keadaan yang bertambah keimanan dan meningkat ketaqwaan. Insya Allah.
Selamat menyambut bulan Ramadhan :) Mari berburu pahala dari sekarang!!!!!!







1 komentar:

  1. artikel agan sangat mudah dipahami makasih atas apreasi dalam menulis postingan yang baik dan benar semoga jadi amal ibadah buat agan :D

    yo dari Tutorial Blogger | SEO

    BalasHapus