conti Ordinary Girl: Manusia dan Cinta Kasih

Sabtu, 28 September 2013

Manusia dan Cinta Kasih

Nama : Chairunnisa
Kelas : 1PA02
NPM : 11513863


Manusia dan Cinta Kasih

Arti Cinta Kasih
    Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan. Belas kasihan dan pengabdian. Cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kedamaian antara sesama manusia, antara manusia dengan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan.

    Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Porwadarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang  ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila diakhiri dengan perkawinan, maka didalam rumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cintaan, tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya,  saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.

    Apabila dirumuskan secara sederhana, cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan.

    Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan,pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegangan teguh pada syariat-Nya.

    Bila salah satu unsur Cinta Kasih hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran terancamlah kebahagian rumah tangga itu. Kasih sayang merupakan sesuatu paling mendasar, yang harus di terima oleh setiap manusia. Kasih sayang bisa disebut juga sabagai suatu hak yang harus kita terima, karena peran kasih sayang secara psikologi sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya seorang individu. Tentu seorang individu yang di didik dengan kasih sayang, bisa menjadi individu yang lebih baik di bandingkan mereka yang kekurangan kasih sayang. Karena dewasa ini, banyak sekali orang yang berpandangan bahwa uang adalah segala-galanya sehingga banyak orang tua yang lebih mementingkan mencari uang untuk anak, dan menomor dua kan Cinta dan Kasih.

    Tidak sedikit anak yang bertindak negative, melakukan hal negative yang biasa di sebut sebagai kenakalan remaja, umumnya hal itu terjadi di karenakan si anak merasa kurang di perhatikan oleh orang tuanya, dan dia melakukan hal-hal negative agar orang tuanya terganggu dan mulai memperhatikan anak tersebut. Tentu kurangnya kasih sayang harus di hindari oleh setiap orang tua, mulai memberikan kasih sayang yang lebih, dan menomor satukan kasih sayang. Tanpa kasih sayang seorang anak bisa berubah menjadi individu yang brutal, kurang perduli dengan lingkungan sekitar, dan bertindak sesuai dengan kemauan dirinya sendiri. Hal ini, terbtukti dari banyaknya penelitian, bahwa kenakalan remaja, paling banyak di karenakan factor didikan dan kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua tersebut..

    Cinta dan Kasih adalah sesuatu yang sangat berkesan bagi semua manusia. Makna cinta dan kasih yaitu sama semua menghasilkan makna yang tiada batas. Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi oleh karena itu semua orang memiliki cinta. Selain itu Cinta juga sumber kekuatan dari segalanya, kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta karena cinta dapat memberikan dorongan dan motivasi terhadap diri seseorang.untuk menghasilkan sesuatu yang dinginnkan dapat tercapai dengan indah. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau sangat menaruh belas kasihan. sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Banyak orang memaknakan arti cinta itu kepada pasangannya dan sedangkan kasih itu diberikan kepada ibu,ayah, adik,kakak, nenek,kakek,teman,sahabat,saudara lainya bahkan kita bisa memberikan kasih kepada orang lain yang belum kita kenal sebelumnya. walah sejauh ini terlihat berbeda antara cinta dan kasih, tetapi makna yang sesungguhnya adalah sama-sama memiliki rasa sayang terhadap seseorang. Tanpa kasih, cinta tidak akan muncul begitu saja sebaliknya. dan bukan hanya manusia yang mempunyai cinta dan kasih tetapi seluruh mahluk hidup di dunia memilikinya.

    Cinta Kasih mengajarkan banyak hal terhadap manusia, kasih sayang memberikan kepekaan bagi kita semua, untuk berbagi kasih terhadap sesama, kasih sayang yang mampu merubah banyak individu yang umumnya perubahan terjadi kearah yang lebih baik. Baik itu terhadap sahabat, orang yang kita cintai, atau siapa pun yang kita lihat, karena begitu banyak orang di dunia ini yang membutuhkan Cinta Kasih dari orang lain, tidak semua orang beruntung memiliki orang tua, memiliki orang-orang yang di kasihinya, karena begitu banyak anak yang lahir tanpa kasih sayang orang tua, begitu banyak anak yang kelahirannya bahkan tidak di inginkan oleh orang tuanya, sehingga patutlah kita memberikan kasih sayang lebih terhadap anak-anak yatim piatu, dan kita harus bersyukur karena kita jauh lebih beruntung dari pada mereka. Bahkan keutamaan mengasihi anak yatim sangat di tekankan oleh Rasulullah SAW.

    Cinta kasih tidak selalu ditujukan kepada pasangan kita tetapi pada dasarnya cinta kasih adalah anugerah yang dianugerahkan tuhan kepada seluruh makhluk-mahluknya, misalnya, ketika seekor hewan yang hidup sendirian,sudah pasti nantinya akan mati dan tak tau arah,sama dengan manusia yang butuh akan mahluk lainnya untuk saling melengkapi.  seperti hewan dengan anaknya, ketika anaknya diganggu oleh hewan lainya dengan sendirinya induk dari anak hewan terebut melindungi anaknya. Naluri inipun ada pada manusia, dimulai dari cinta kasih orang tua kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi naluri kasih sayang ini dapat tertutup jika terdapat hambatan – hambatan misalnya pertengkaran, permusuhan, ketidaksukaan dan lainnya.

    Kata cinta, selain mengandung unsur perasaan aktif, juga menyatakan tindakan yang aktif. Pengertiannya sama dengan kasih sayang sehingga, kalau seseorang mencintai orang lain, artinya orang tersebut berperasaan kasih sayang atau berperasaan suka terhadap orang lain tersebut. Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga, dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.

    Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk, mulai dari seseorang yang mencintai dirinya, istrinya, anaknya, hartanya, dan Tuhannya. Bentuk cinta ini melekat pada diri manusia, potensi dan frekuensinya berubah menurut situasi dan kondisi yang mempengaruhinya. Pada saat belum berkeluarga, seseorang akan lebih kuat cintanya kepada orang tua, setelah berkeluarga cintanya akan nampak terbagi-bagi pada istri dan anaknya. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput. Oleh karena itu rasa kasih sayang harus di tanamkan kepada siapa pun, tanpa mengenal siapa dia, dari mana asal usulnya. Dan kita utamakan mereka yang jauh lebih membutuhkan, semampu kita untuk mengasihi mereka.

    Cinta tidak mudah diterangkan dan diilustrasikan dengan kata-kata. Ia memiliki daya luar biasa pada diri manusia serta melekat dengan kuat. Cinta dapat sekonyong-konyong muncul, dan hilang sama sekali, atau terus tumbuh seperti cintanya orang tua terhadap anaknya sejak dilahirkan. Cinta dapat di lukiskan dengan memberi, bukan meminta, sebagai dorongan mulia untuk menyatakan eksistensi dirinya dan aktualisasi dirinya kepada orang lain.



Macam Cinta Kasih

Adanya beberapa macam cinta kasih, yaitu sebagai berikut :

a.  Cinta kasih antar orang tua dan anak.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHejWiYOkn2ogxV2MX_tMzGN36FOc0UL0HU8zzrcIsSloJQFoj85ZXL_K0rMAA5P_iOoG4g5l3PR53GfetXnttbvMFmcFCyVU3NLZTf2TgcAKCLW8sf21BuaQ-4wGzfLM0LFGqypLoRT4/s1600/ibu.jpg



b. Cinta kasih antara pria dan wanita.


Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntai mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.

c.  Cinta kasih antara sesama manusia.
Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.

d.  Cinta kasih antara manusia dan Tuhan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNawkdu3rViTMy_R9kq3JnDRkEeIA5qDUNDkB-ZUZANDPdhae_7AAVdE1vjuuGyA3znq8TkIe-d6cX-sEGQOeZsH55XPPXpZkRmaFmVB6Da8emxGU9xoEMOzB2YTGqwo5XXAv6bVJ54pk/s1600/love4allah.jpg

Apabila seorang taat beribadah, menurut perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada Tuhan penciptanya.

e.    Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya. 
Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.





Seorang Psikolog yang bernama Robert Sternberg  berpendapat bahwa cinta dalam sebuah hubungan interpersonal memiliki tiga komponen dasar. Dengan kata lain, ketiga komponen dasar inilah yang nantinya akan membentuk cinta. Tiga komponen cinta tersebut adalah :

1. Keintiman (Intimacy)
    Keintiman adalah kedekatan yang ada antara dua individu. Kedekatan di sini bisa dalam arti kedekatan fisik, maupun kedekatan emosional. Rini dan Jaka yang selalu terlihat ke mana-mana berdua bisa dikatakan memiliki kedekatan fisik, namun belum tentu mereka memiliki kedekatan emosional. Ternyata Rini lebih memilih menceritakan keseharian dan masalah-masalahnya kepada sahabatnya Tina yang saat ini berada di Jepang. Dengan demikian, Rini memang tidak memiliki kedekatan fisik dengan Tina, tapi ia memiliki kedekatan emosional yang sangat kuat pada sahabatnya tersebut.

  Keintiman sangat tergantung pada tingkat kepercayaan (trust) satu individu kepada individu yang lain. Contohnya Rini, yang percaya bahwa Jaka tidak akan memberikan dampak buruk terhadap dirinya. Rini bahkan percaya bahwa bergaul dengan Jaka akan berdampak positif, karena Jaka memiliki banyak pengalaman yang bisa Rini pelajari. Oleh karena itu Rini tidak keberatan untuk menghabiskan banyak waktu bersama Jaka. Meski begitu, mungkin Rini belum mempercayai Jaka sedalam ia mempercayai Tina, sehingga Rini hanya mau membagi pikiran, perasaan, dan emosi-emosi terdalamnya pada sang sahabat Tina.

2. Gairah (Passion)
 
       Berasal dari kata latin patior yang berarti penderitaan atau perasaan tersiksa, gairah dapat didefinisikan sebagai emosi yang sangat kuat dan mendalam (terkadang tidak terbendung) terhadap seseorang. Emosi yang kuat ini terkadang bahkan mengalahkan hukum-hukum pemikiran logis. Kalimat “yang kumau hanya kamu” mungkin adalah ungkapan yang paling tepat dalam menggambarkan gairah. Dalam gairah, ada sebentuk keinginan untuk selalu bersama yang sangat kuat, dan tidak tergantikan dengan orang lain. Gairah juga dapat diartikan sebagai dorongan seksual terhadap seseorang.

  Misalkan Rini yang baru saja menyaksikan kehebatan atasannya melakukan negosiasi bisnis dengan klien. Pada awalnya mungkin Rini hanya merasa kagum, namun gairah Rini timbul seiring dengan munculnya keinginan (dan usaha) Rini untuk terus menerus bisa dekat dan akrab dengan atasannyatersebut. Pada kenyataannya, mungkin saja sang atasan sama sekali tidak punya perhatian khusus padanya. Mungkin ia hanya menganggap Rini sebagai salah satu dari 25 bawahannya yang lain sehingga tidak ada kedekatan spesial antara ia dan Rini.

3. Komitmen (Commitment)

    Merupakan perasaan saling terikat yang ada antara dua individu. Keterikatan ini diproyeksikan untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga komitmen juga bisa diartikan sebagai kesetiaan yang terjalin antara dua individu. Dalam komitmen, seseorang akan merasa apapun yang ia lakukan akan mempengaruhi individu yang lain, demikian juga sebaliknya.

    Ketika dua orang membentuk sebuah komitmen bersama maka dapat diibaratkan seperti kedua orang tersebut bersama-sama masuk ke dalam perahu menyusuri sungai. Apapun yang mereka temui dan alami dalam perjalanan, mereka berdua memiliki perjanjian untuk tetap bersama dalam perahu. Ketika salah satu dari mereka keluar dari perahu, maka komitmen mereka telah dilanggar.

Ketiga komponen di atas membentuk sebuah segitiga, Segitiga Cinta. Ketiga komponen cinta tersebut kemudian dapat saling berkombinasi untuk membentuk 7 jenis cinta yang berbeda. Berikut adalah bagan Segitiga Cinta, disertai tabel yang menunjukkan tipe-tipe cinta yang dapat terbentuk dari ketiga komponen cinta:






1.    Cinta Teman
    Cinta ini hanya terdiri dari komponen keintiman, dimana antara individu yang mengalami jenis cinta ini terjalin sebentuk kedekatan fisik maupun emosional. Menurut Sternberg, cinta jenis ini biasanya terjadi di hubungan pertemanan dimana kedua pihak merasakan ada hubungan dekat yang hangat, tapi tidak disertai dengan emosi yang mendalam (gairah) maupun komitmen jangka panjang. Anda tentu tidak keberatan jika teman Anda harus melanjutkan studi atau pindah kerja ke kota lain, bukan? Dalam cinta teman, tidak ada keterikatan yang memaksa masing-masing pihak untuk selalu bersama-sama.

2.    Cinta Monyet
Seperti yang kerap dibicarakan, istilah Cinta Monyet bisa digambarkan seperti cinta para remaja, atau cinta pada pandangan pertama. Inilah cinta yang dari mata turun ke hati dimana ketika melihat objek cinta, timbul gairah untuk selalu bersama walaupun mungkin sebenarnya tidak ada kedekatan yang terjalin. Gairah merupakan satu-satunya komponen cinta yang ada di tipe cinta ini. Dalam Cinta Monyet tidak ada kedekatan emosional yang terjalin dan juga tidak ada komitmen. Oleh karena itu, seringkali cinta seperti ini mudah timbul dan juga mudah hilang.

3.    Cinta Hampa
    Dalam cinta ini hanya ada komponen komitmen. Banyak cinta yang berubah menjadi Cinta Hampa seiring dengan waktu. Hubungan yang pada awalnya terasa hangat dan bergairah, terkadang berubah menjadi hampa karena komponen keintiman dan gairah telah luntur. Namun pada hubungan yang dijodohkan, seringkali yang terjadi adalah sebaliknya dimana pasangan tersebut memulai dari cinta yang hampa (komitmen yang dipaksakan) namun seiring waktu mulai timbul keintiman dan gairah.

4.    Cinta Romantis
    Pasangan yang terlibat dalam cinta ini akan terlihat sangat asik bersama-sama karena adanya keintiman. Selain itu, pasangan Cinta Romantis juga akan memiliki gairah yang mendalam terhadap satu sama lain. Oleh karena itu, pasangan cinta inilah yang biasanya disebut mabuk cinta. Meskipun demikian, pasangan mabuk cinta belum tentu ingin selamanya bersama-sama. Dalam tipe cinta ini tidakada komitmen karena seringkali dirasa mengekang kenikmatan dimabuk cinta itu sendiri.

5.    Cinta Setia

        Cinta jenis ini sering ditemui di dalam pernikahan atau hubungan yang telah cukup lama terjalin dimana gairah dalam hubungan tersebut sudah pudar, namun masih ada keintiman dan komitmen yang lekat. Secara umum, Cinta Setia adalah hubungan yang Anda jalin dengan seseorang yang sudah cukup lama berbagi suka-duka dengan Anda. Cinta Setia lebih kuat dibanding Cinta Teman karena adanya komponen komitmen. Selain dalam hubungan pernikahan, Cinta Setia juga bisa ditemui di dalam hubungan persahabatan yang erat dan juga di antara kerabat keluarga.

6.    Cinta Buta

    Dinamakan Cinta Buta karena komponen pembentuknya hanyalah gairah dan komitmen. Jenis cinta ini cenderung bersifat menderu-deru karena tidak ada keintiman yang dapat menstabilkan sebuah hubungan. Cinta Buta ini bisa berdampak negatif karena biasanya melibatkan keinginan memiliki yang mengikat tiap individu. Padahal, mungkin saja hubungan tersebut tidak lagi berfungsi positif, terbukti dengan tidak adanya rasa percaya sehingga kedekatan antara individu tidak terjalin.

7.    Cinta Sejati

Inilah cinta yang diidam-idamkan semua orang. Cinta ini cinta yang paling sempurna dengan adanya komponen keintiman, gairah, dan komitmen. Keberadaan ketiga komponen cinta membuat cinta ini cenderung berjalan secara stabil. Komitmen yang terjalin dalam cinta ini didasari pada rasa saling menghormati (karena adanya hubungan yang dekat secara fisik maupun emosional), dan juga hasrat untuk selalu bersama yang sangat kuat. Hal ini membuat Cinta Sejati akan lebih langgeng dibanding jenis cinta lain.

“Few couples who have been together for a long time will experience consummate love every moment.” - Unknown
   
“ True love doesn't happen right away; it's an ever-growing process. It develops after you've gone through many ups and downs, when you've suffered together, cried together, laughed together.” - Ricardo Montalban





Studi Kasus

Tyson Tunjukkan Kasih Sayang

    KOMPAS.com — Mike Tyson sudah identik dengan brutal, beringas, dan ganas, ketika masih muda dan berstatus petinju profesional. Bahkan, kehidupan "si Leher Beton" ini pun selalu dihiasi kontroversi yang membuatnya dicintai sekaligus dibenci oleh banyak orang. Tetapi, itu kisah masa lalu Tyson. Sekarang, perangai pria berusia 44 tahun tersebut sudah berubah drastis menjadi orang yang lembut dan penuh kasih sayang. Itu dia tunjukkan ketika menggendong anak perempuannya yang berusia dua tahun, Milan Tyson, untuk menyaksikan sebuah pemutaran film perdana di Las Vegas, Rabu (1/9/2010).
Mantan juara dunia sejati dan pemegang rekor juara dunia termuda kelas berat ini merangkul "malaikat kecilnya" itu dan mau terlibat dalam sesi pemotretan.
   
 Tyson diundang untuk menyaksikan pemutaran film One Night in Vegas, yang menceritakan tentang pertemanannya dengan Tupac Shakur. Film tersebut fokus kepada Shakur, salah satu penyanyi rap tersukses di dunia yang meninggal karena ditembak oleh sebuah geng di Las Vegas. Ternyata, momen tersebut dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Tyson untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya sebagai seorang ayah. Tyson, yang meraih gelar WBC ketika masih berusia 20 tahun, 4 bulan, dan 22 hari ini (setelah menang TKO di ronde kedua atas Trevor Berbick), memeluk erat Milan, yang mengenakan baju berwarna merah muda. Pria kelahiran 30 Juni 1966 ini seperti ingin mengatakan bahwa dia tak mau kehilangan lagi anak, seperti yang terjadi pada tahun lalu.

   Ya, akhir Mei 2009, Tyson ditinggal selama-lamanya oleh Exodus. Anak perempuannya itu, yang masih berusia empat tahun, meninggal setelah sempat mengalami koma akibat terjerat kabel treadmill. Hanya berselang 10 hari setelah kisah tragis tersebut, Tyson memutuskan untuk menikahi Lakiha Spicer, yang merupakan ibunda Milan. Acara pernikahan dengan wanita berusia 32 tahun, yang merupakan istri ketiganya, itu berlangsung tertutup di La Bella Wedding Chapel, di Hotel Las Vegas Hilton. Tyson pertama kali menikah pada Februari 1988 dengan aktris Robin Givens. Sayang, bahtera rumah tangga mereka tidak bertahan lama karena hancur berantakan pada Februari 1989. Keberingasan Tyson yang menjadi alasan Givens memutuskan untuk berpisah. Menurut Givens, apa yang dibayangkan tentang Tyson ternyata lebih buruk dari kenyataannya. Setelah itu, Tyson memutuskan untuk menikah lagi dengan Monica Turner. Lagi-lagi, biduk rumah tangga mereka harus pecah dan karam karena pernikahan yang terjadi pada tahun 1997 itu berakhir pada 2003. Turner menggugat cerai Tyson pada Januari 2002 karena menuduh suaminya itu berzinah.

   Tak ingin terus mengalami kegagalan dalam membangun sebuah rumah tangga, Tyson melakukan sebuah komitmen saat menikahi Spicer. Dia berjanji, ibu dari Milan itu merupakan wanita terakhir yang dinikahinya.
Kamis, 2 September 2010 | 17:56 WIB KOMPAS.com

Pembahasan : Tanggapan/Kritik/Saran

    Setiap orang pasti mempunyai rasa Cinta dan Kasih, dan tak seorang pun di dunia ini yang mampu menakar seberapa banyak kasih sayang orangtua untuk anaknya. Curahan cinta yang selama ini mereka curahkan kepada sang buah hati adalah bentuk cinta yang ikhlas, tanpa pamrih sedikit pun. Mereka tak pernah bosan memberikan cinta dan perhatiannya, hingga detak jantung mereka berhenti. Semua mereka lakukan karena betapa besarnya cinta dan kasih sayang yang mereka miliki. Orang kedua setelah ibu yang WAJIB  kita hormati adalah Ayah. Lelaki yang telah menjadi perantara kelahiran seseorang ke dunia ini juga harus dihormati karena pengorbanannya yang tak kenal batas. Menjelang kelahiran anaknya saja, seorang lelaki (calon ayah) selalu memerhatikan perkembangannya sejak calon anaknya masih ada dalam kandungan sang ibu.

    Lihatlah apa yang terjadi apabila Cinta dan Kasih  bekerja pada diri seseorang, tentunya akan menibulkan dampak positif. Ini bukti nyata bahwa Karakter Tyson yang dinilai Garang dan Brutal, mau merubah dirinya untuk kehidupannya bersama orang yang dia kasihi. Dia mau merubah itu semua untuk anaknya. Seperti yang Tyson katakan bahwa dia tak mau kehilangan anaknya lagi. Tyson ditinggal selama-lamanya oleh Exodus, anak perempuannya yang masih berusia empat tahun, meninggal setelah sempat mengalami koma akibat terjerat kabel treadmill.

Tyson kini menjadi sosok bapak yang sesugguhnya, yang kaya akan Cinta Kasih. Cinta Kasih seorang Ayah sama pentingnya seperti Cinta Kasih seorang Ibu. Seorang Ayah akan melakukan apapun untuk melihat anaknya bahagia.

Ketulusan Tyson pun diuji dilihat dari kegagalannya akan pernikahannya yang kandas di tengah jalan. Namun, Tyson rela merubah itu semua demi mendapatkan dan dibentuk oleh kasih yang kekal. Maka saya berpendapat disini bahwa Cinta Kasih berperan dalam hal ini untuk mengubah kepribadian buruk seseorang dengan memasukan kasih, ketulusan, pegorbanan, serta unsur kasih lainnya yang tentunya akan terganti dan akan berlaku sebagai Manusia Humanis yang mana tujuan utama The Humanities yang dikaji dalam Ilmu Budaya Dasar.

Daftar Pustaka:
http://adheetrahman.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-kasih-sayang.html
 http://www.lptui.com/artikel.php?fl3nc=1&param=c3VpZD0wMDAyMDAwMDAwOTkmZmlkQ29udGFpbmVyPTY2&cmd=articleDetail
http://tugaskuliah-ilham.blogspot.com/2011/03/hakikat-manusia-dan-kebudayaan.html
http://tulisanhendri.blogspot.com/2011/03/ilmu-budaya-dasar-mengenai-manusia-dan.html
http://notladygaga.blogspot.com/2012/11/makalah-demokrasi-indonesia.html

Sumber gambar :
http://1.bp.blogspot.com/-xPx0oc6rk5A/Tr XqvqMpJI/AAAAAAAAAFY/62x27EBlbtc/s1600/ibu.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-t-Yq5GmoyGM/Tr ZQYH1fFI/AAAAAAAAAFg/otZopzSc48I/s1600/love4allah.jpg
http://www.lptui.com/upload/images/0802_1i.gif
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQt7vfoEDlbrJw7DJQUZBT8GcJSENOhnDaTIdJO0GGBcDzJiSzJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar